Rabu, 14 Januari 2015

MENGEVALUASI DIRI DENGAN SWOT



Pada diri setiap manusia memiliki potensi dan kemampuan luar biasa yang masing-masing diberikan Tuhan dengan berbagai macam bentuknya. Namun dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai semua hal yang mampu dikerjakan atau diinginkan. Sayangnya, manusia hanya memiliki satu kesempatan saja dalam hidup ini untuk mencapai hal tersebut karena waktu terus berjalan dan tak bisa kembali.
Pada dasarnya, otak merupakan potensi dan kemampuan luar biasa yang dimiliki oleh setiap manusia. Jelas, kekuatan yang dianugerahkan Tuhan kepada manusia berupa otak ini dapat berfungsi mengolah data dari berbagai masukkan kegiatan atau pengalaman sebelumnya, otak selalu memproses data yang ada didalam kemudian menginterpretasikan kembali data masukan tersebut menjadi sebuah kegiatan atau perbuatan yang bisa mendatangkan timbal-balik yang bagus berupa prestasi. Kehebatan dari kekuatan otak dapat mengontrol diri dari kelemahan yang saya miliki sehingga menjadi sebuah otomatisasi tertanam dalam pola pikir khusus menuju perubahan. kata kunci dari kesuksesan adalah perubahan, kenapa saya katakan demikian? Karena mulai dari bahan baku kelemahan/ketakutan yang diproduksi bayangan masa lalu dirubah oleh otak menjadi sebuah produk aksi yang luar biasa sebagai alat untuk mencapai prestasi yang kita cita-citakan dari mengoptimalkan setiap peluang yang ada.
Namun setiap potensi dan kemampuan yang dimiliki untuk mencapai segala hal yang ingin manusia capai harus disertai dengan mengevaluasi diri agar manusia dapat meraih suksesnya dengan baik. Evaluasi ini penting dilalakukan agar manusia tidak menyalahgunakan setiap potensi dan kemampuan yang dimiliki. Evaluasi berarti menguji kembali semua yang telah dilakukan, sekaligus membuat antisipasi dan sikap mawas diri terhadap hal yang mungkin terjadi. Sikap evaluasi diri berarti menyadari bahwa mungkin Anda tidak mampu mengontrol situasi di sekitar, namun manusia dapat memberdayakan diri sendiri seoptimal mungkin.
Cara mengembangkan sikap evaluasi diri, kita perlu Mengenal karakter pribadi, Mengenal karakter pribadi berarti. Ada sifat-sifat yang harus dipahami, di balik semua keadaan fisik dan kebiasaan yang nampak dari luar. Kenali potensi, bakat dan minat serta kekuatan dan kelemahan pribadi Anda. Juga respon dan sikap Anda ketika menghadapi tekanan dan masalah. Kenali juga gaya komunikasi, sikap terhadap lingkungan sosial, kinerja, kepemimpinan, pola pikir, emosi, daya tahan mental dan lain-lain. Semakin Anda mengenal karakter pribadi, semakin mudah Anda mengevaluasi diri sendiri.

Pengertian SWOT
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities)yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.
1.       Strengths (kekuatan)
Merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada. Kekuatan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
Berikut adalah kekuatan yang saya miliki saat ini, antara lain :
§  Memiliki tanggung terhadap diri sendiri
§  Memiliki kemampuan Akuntansi dan Akuntansi Komputer (sesuai dengan yang dipelajari sampai dengan saat ini)
§  Memiliki tata cara bersopan santun dengan baik
§  Pantang menyerah untuk mendapatkan apa yang saya inginkan
§  Memiliki jiwa sosial yang cukup tinggi
§  Disiplin
§  Jujur
§  Memiliki semangat yang tinggi
§  Dapat menjaga barang kepunyaan sendiri dengan baik
§  Dapat mengatur keuangan dengan baik
§  Cermat atau berhati-hati dalam mengambil suatu tindakan atau keputusan
2.       Weakness (kelemahan)
Merupakan kondisi kelemahan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada.Kelemahan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
Berikut adalah kelemahan yang saya miliki saat ini, antara lain :
§  Kurang pintar dalam bahasa inggris
§  Pesimis terhadap sesuatu yang ingin dilakukan
§  Terlalu memikirkan hal yang seharusnya tidak dipikirkan
§  Senang menunda pekerjaan, lebih senang mengerjakan pekerjaan dekat dengan tanggal deadline
§  Kurang mahir dalam teknik bernyanyi
§  Terlalu cuek dengan penampilan
§  Memiliki sifat iri terhadap sesuatu yang melebihi diri saya
§  Terkadang terbawa ucapan orang lain
§  Sulit membaur dengan hal baru
§  Sulit mengatur waktu dengan baik
§  Kurang percaya diri
3.       Opportunities (peluang)
Merupakan kondisi peluang berkembang di masa datang yang terjadi. Kondisi yang terjadi merupakan peluang dari luar organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri. misalnya kompetitor, kebijakan pemerintah, kondisi lingkungan sekitar.
Berikut adalah peluang yang saya miliki saat ini, antara lain :
§  Mengikuti kursus bahasa Inggris khususnya conversation
§  Mengikuti kursus pajak
§  Mengikuti kursus akuntansi
§  Mengikuti kursus software-software akuntansi
§  Mengikuti kursus keyboard dan bernyanyi
§  Mengajukan lamaran bekerja pada perusahaan ternama
§  Melanjutkan program kuliah dengan mengambil gelar Sarjana Akuntansi
§  Perkembangan teknologi baru
§  Memiliki teman-teman yang baik dengan berbagai macam kemampuan

4.       Threats (ancaman)
Merupakan kondisi yang mengancam dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
Berikut adalah ancaman yang saya miliki saat ini, antara lain :                          
§  Adanya keharusan untuk lulus kuliah tepat waktu
§  Pada saat memasuki dunia kerja akan muncul persaingan dengan para lulusan dari universutas lain yang tentunya memiliki kualitas yang baik pula
§  Khawatir semua perusahaan yang menyediakan lowongan kerja diutamakan yang bisa berbahas inggris
§  Banyaknya para lulusan akuntansi yang juga menguasai bidang akuntansi tersebut
§  Tidak tersedianya relasi yang banyak terhadap pekerjaan, dikhawatirkan akan sulit karena tidak memakai link orang dalam perusahaan
§  Belum menguasai software akuntansi
§  Khawatir ilmu yang didapat selama di kampus masih kurang untuk dterapkan di dunia kerja
§  Persaingan kerja yang sangat ketat


Sumber :
http://edukasi.kompasiana.com/2011/07/02/hayuk-menilai-diri-sendiri-dengan-swot-377868.html

3 komentar:

  1. Izin copas yh ka
    Terima kasih sudah memposting gambaran tentang SWOT pada diri sendiri dan ada hal yang sama dengan saya

    BalasHapus
  2. Sangat inspiratif jarena selama ini sy hanya mengandalkan instansi dimana sy bekerja yang memudahkan saya untuk berkiprah tanpa mampu melihat apa yang ada pada diri sy sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang sy sadar tetapi usia sy yang sdh banyak menjadi treats bagi diri saya sendiri

      Hapus